EXOTIKA BANGKA

Pulau Bangka merupakan pulau terbesar kesembilan di Indonesia. Pulau Belitung yang merupakan kembaran Pulau Bangka sudah terlebih dahulu terkenal berkat novel best seller Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi.

Gabungan dari kedua pulau ini membentuk suatu provinsi; yaitu Provinsi Bangka Belitung yang telah berdiri sejak tahun 2000, dengan Pangkal Pinang sebagai ibukotanya.

Seperti Pulau kembarannya, Pulau Bangka juga memiliki banyak destinasi pantai yang spektakuler.

Batuan granit yang berukuran besar telah menjadi ciri khas yang mengagumkan dari pantai-pantai di pulau ini. Pantainya yang masih alami dan jauh dari keramaian juga cocok sebagai tempat untuk

melepas rasa penat dan stress-mu. Selain pantainya, Pulau Bangka juga memiliki Danau Kaolin. Danau ini merupakan danau bekas galian tambang timah yang memiliki warna biru yang sangat indah dan eksotis.

Selain destinasi wisata pantai dan danau kaolin yang sudah terkenal, Pulau Bangka juga menyimpan destinasi wisata lain yang tidak kalah indahnya. Mulai dari wisata perbukitan, air terjun, hingga gurun pasir yang dijamin akan memberikan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan.

Mau tau lebih detil destinasi wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi selama di Pulau Bangka?

Berikut ini informasinya yang kami rangkum dari situs www.tripzilla.id :

  1. Danau Kaolin Aek Biru
  2. Gurun Pelawan Namang
  3. Pantai Terpanjang Pulau Bangka, Pantai Matras

Pantai Matras berada di Kecamatan Sungai Liat yang berjarak sekitar 33 kilometer dari Pangkal Pinang. Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Bangka, maka tidak heran jika pandanganmu ke arah lautan seakan luas tak terbatas.

  1. Pantai Tikus
  2. Pantai Parai Tenggiri
  3. Pantai Penyusuk yang Alami dan Cantik
  4. Megahnya Batu Granit di Pantai Dinding Batu Belinyu
  5. Pantai Tongaci
  6. Air Terjun Pait Jaya Muntok

7. Danau Ampar Red Hill

Sekilas, Red Hill atau Bukit Merah ini bentuknya mirip sekali dengan Grand Canyon namun dalam ukuran yang lebih kecil. Bukit berwarna kemerahan ini juga merupakan bekas peninggalan tambang timah. Kamu hanya memerlukan waktu 40 menit dari pusat kota Pangkal Pinang untuk sampai ke tempat ini.

Red Hill sebenarnya merupakan tebing yang mengelilingi suatu danau kaolin bernama Danau Ampar. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah dari Red Hill, karena selain bisa menikmati bukit yang mempesona, kamu juga bisa melihat air danau biru yang menawan.

8. Melihat Kejayaan Tambang Timah Pulau Bangka – Museum Timah Muntok

9. Jembatan Emas Bangka

10.Uniknya Batu yang Mirip dengan Buah Belimbing – Batu Belimbing

11.Bangka Botanical Garden

12.Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat